Wednesday, August 3, 2011

ALBUM PURGATORY 7:172



Di album 7:172 ada salah satu lagu yg berjudul M.O.G.S.A.W, singkatan dari Messenger Of GOD Shalallahu 'Alaihi Wassalam.

MOGerz adalah istilah bagi orang-orang yang pro dengan Purgatory, mulai digunakan sejak masa release album 7:172 ini. Beberapa saat setelah itu, kami mulai risih dengan kata-kata MOGerz adalah istilah buat "fans" dari Purgatory, tapi pada masa-masa itu belum ada solusi untuk mengatasi risih ini. Bagaimana kami tidak risih, seharusnya istilah MOGerz ini diperuntukkan bagi para fans dan pengikut Messenger Of GOD صلى الله عليه وسلم, bukan fans dari Purgatory. Karena kami sendiri juga adalah MOGerz, fans dan pengikut Rasulullah صلى الله عليه وسلم, alhamdulillah.

Sekarang apabila media bertanya "apakah itu MOGerz?", kami tidak pernah lagi bilang fans/penggemar, tapi kami bilang MOGerz adalah "listeners" atau para pendengar Purgatory. Dan kepada interviewer yang lebih menguasai materi interview kami jabarkan kepanjangan dari kata MOGer.

"MOGerz" adalah istilah gaul bagi para pendengar syair-syair yang kami sampaikan, termasuk bagi kami sendiri. Perbedaan antara MOGerz di dalam dan di luar band ini cuma ada di posisi dan tanggung jawab. ALLAH mengizinkan kami bertujuh berada di depan untuk menyampaikan apa yang kami tahu tentang Islam. Dalam pendekatan diri kepada ALLAH سبحانه وتعالى, kita tidak ada bedanya, kita di sini semua belajar. Semakin banyak vitamin masukan-masukan yang positif dari MOGerz lain di sekitar kami, Insya'ALLAH kami bisa lebih kuat dan solid.

Sebagai penyampai kabar, kami MOGerz yang ada di dalam band lebih harus bisa mempertanggung-jawabkan setiap kabar yang kami sampaikan. MOGerz lain yang di luar band juga punya tanggung-jawab sendiri, karena sudah mengaku sebagai bagian dari MOGerz = fans dan pengikut Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Lalu, setelah kita menyatakan diri sebagai MOGerz, kita tanya diri sendiri:
Apakah kita mendekati perzinahan?
Minum alkohol? Bilang "Assalamu 'alaikum, bang" tapi mulut bau anggur?
Bangga mengeluarkan ucapan-ucapan kasar atau kotor?
Bangga lepas Sholat?
Senang membuat kerusuhan?
Senang mempergunjing keburukan orang lain atau sesama MOGerz?
Gampang ikut campur masalah pribadi orang lain? Gampang minta orang lain ikut campur masalah pribadi kita? ...dll

...fans dan pengikut Rasulullah صلى الله عليه وسلم ?

Perlu kita ingat sama-sama, setan sangat tidak menyukai adanya kumpulan orang-orang yang takut berbuat dosa dan kompak, apalagi juga berusaha mempertanggung-jawabkan 'ibadah mereka. Setan benar-benar menunggu sampai orang-orang di lingkungan seperti ini lengah.
Contoh:
Pada saat kita dikondisikan terpisah > terpencar ke lingkungan yang berbeda-beda > lalu akrab dengan orang-orang yang sepertinya ok > lalu komunikasi antar sesama semakin tidak lancar. Kalau komunikasi sudah tidak lancar, ini bisa menimbulkan masalah ke mana saja, dan semakin parah. Ini biasanya di saat mereka disibukkan oleh pekerjaan/urusan masing-masing. Berkumpul ini benar-benar berbeda dengan berpisah-pisah atau terpecah-belah. Ada kekuatan lebih untuk menjaga 'ibadah dan perbuatan di saat kita berkumpul bersama orang-orang yang takut berbuat dosa.

Kalau setan tidak suka dengan kita, mereka akan masuk lewat kesenangan-kesenangan, supaya kita lupa dan larut dalam kesenangan-kesenangan.

Kalau lewat kesenangan tidak tembus juga, mereka akan masuk lewat kesulitan-kesulitan, supaya kita panik lalu merasa jadi orang yang paling susah sedunia.

Kalau lewat kesulitan tidak tembus juga, mereka akan masuk lewat rasa memiliki, supaya kita takut kehilangan apa-apa yang "kita kira milik kita".

Kalau lewat rasa memiliki tidak tembus juga, mereka akan masuk lewat pembenaran, supaya kita merasa lebih benar atau lebih baik atau lebih suci daripada orang lain.

Kalau lewat pembenaran tidak tembus juga, mereka akan masuk lewat kebencian, supaya kita sensitif lalu membenci lagi apa yang tidak kita sukai.

...dan seterusnya. Na'udzu bi ALLAH min dzalik.

Kalau setelah semua itu masih tidak tembus juga dan kita sadar setan sedang mengeroyok, kita semakin memohon perlindungan ALLAH, maka setan "akan cari" siapa orang-orang di dekat kita yang paling lemah dan tidak berlindung kepada ALLAH.

Ini pola standar setan memecah-belah kesatuan.
Kekuatan lebih dari tetap berkumpulnya orang-orang dalam lingkungan ini, adalah semata karena sama-sama memohon perlindungan dari ALLAH. Tapi sebaliknya, kalau kita di dalam lingkungan yang lemah iman dan perbuatan, semakin hari keyakinan dan ketegaran kita semakin menipis.
Hati-hati bagi yang merasa kuat berdiri sendiri di antara orang-orang lemah iman, karena biasanya kekuatan itu merosot drastis "tanpa terasa".

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم
"Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru TUHANnya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-NYA; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah KAMI lalaikan dari mengingati KAMI, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas."
Qur'an Surah al-Kahfi (18), ayat 28

Namun bagaimanapun juga kita perlu jeli berhati-hati akan adanya sifat "merasa lebih baik dari orang lain" dalam diri kita. Satu hal yang membuat Iblis menjadi terlaknat adalah karena dia merasa lebih baik daripada Nabi Adam عليه السلام.

Bismillah, syi'ar Islam ini sekarang menjadi alasan utama kami untuk tetap bertahan ada dalam band ini dan berkomunikasi dengan MOGerz lain di luar band. Sekarang yang paling kami butuh adalah kekompakan antara kami dan MOGerz lain di mana-mana. Dalam Islam, semua moment adalah takdir ALLAH, tidak ada yang percuma kalau kita bisa ambil ilmu dan hikmahnya, termasuk moment berkumpulnya kita di sini sekarang.

Saat ini dan seterusnya kami benar-benar membutuhkan dukungan dan doa-doa kalian, guys. Karena para penyair gampang terjerumus ke neraka, ALLAH sudah memperingati hal ini dalam al-Qur'an ayat-ayat akhir Surah asy-Syu'araa (ayat 221-226).
Kami berlindung kepada ALLAH dari hal itu... Na'udzu bi ALLAH min dzalik.
Doakan kami supaya bisa menjadi bagian dari penyair-penyair yang mendapatkan pengecualian dari ALLAH, sebagaimana 1 ayat terakhir dalam Surah yang sama (kelanjutan dari 6 ayat tadi): Qur'an Surah Asy-Syu'ara (26) ayat 227.
Amin.
_____________________________________________________________
Catatan tambahan:

Sementara ini mungkin lingkungan MOGerz ini memang belum bisa terlepas sepenuhnya dari bentuk pengidolaan kebanyakan orang di dalamnya atas keberadaan band Purgatory.

Bagi saudara-saudara muslim yang keberatan dengan status sebutan MOGerz, atas dasar bentuk pengidolaan tadi, atau bahkan mengkhawatirkan asumsi keanggotaan dalam "fans" club, dan lain-lain:

Insya'ALLAH MOGerz akan memaklumi dan tidak mempermasalahkan kekhawatiran itu. Sebagaimana juga note di atas perlu dibaca lagi > bahwa adanya wadah ini adalah "justru" difungsikan untuk mengikis asumsi yang demikian. Insya'ALLAH.

Kekuatan dan persatuan ini tidak akan pernah berpatokan pada jumlah, tetapi adalah pada kualitas. Semakin solid kualitas pembuktian MOGerz, maka Insya'ALLAH jumlah pun akan semakin menjalar setelahnya.

MOGerz BUKANLAH orang-orang yang sudah HEBAT dalam urusan agama,
tapi MOGerz ADALAH orang-orang yang mau belajar untuk lebih mengenal agamanya sendiri di tengah masa "budaya propaganda perusakan generasi" ini.
Sama-sama belajar mempraktekkan prilaku Mendekati Agama Menjauhi Dosa.


No comments:

Post a Comment