Monday, March 21, 2011

Takabur dan Zalim Dibenci Allah Oleh H. MUHTAR GANDAATMAJA


SELAIN menyekutukan Allah, ada beberapa perbuatan manusia yang dibenci Allah, antara lain takabur (sombong) dan zalim (aniaya). Mbah dari segala mbah makhluk yang paling takabur adalah Iblis. Kenapa Iblis pongah seperti itu? Alasannya sepele. Gara-gara diri "merasa" tercipta dari bahan yang menurutnya paling bagus yaitu api, ia merasa paling hebat. Iblis berkata," Aku lebih baik daripada dia (adam), aku Kau ciptakan dari api, dia Kau ciptakan dari tanah" (QS Shaad:76). Iblis juga "merasa" diri paling baik, paling saleh. 

Perasaan semacam inilah, sumber malapetaka dan bencana bagi umat manusia. Jika manusia dihinggapi perasaan "merasa paling" yaitu merasa paling bisa, merasa paling pintar, merasa paling saleh, merasa palimng hebat, merasa paling kaya, merasa paling berkuasa, celakalah kita semua. Kata orang tua kita, mestinya kita harus "bisa merasa", bukan "merasa bisa". 
Dari perasaan inilah sumbernya takabur alias sombong. Takabur atau sombong, secara definitif yaitu i`jabul mar`i binafsihi ujub atau terpesona kepada diri sendiri. Takabur dalam bahasa sederhana berarti merasa besar atau membesarkan diri sendiri. Menurut istilah psikologi, gejala ini disebut ego neurosis atau neurosa ego yang artinya ganguan ego atau kekacauan ego.
Allah sangat benci kepada siapa saja yang takabur. Orang sombong diancam neraka. Rasulullah saw bersabda,"Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sebesar biji sawi (atom) dari kesombongan" (H.R. Muslim). Almutakabir, atau sifat jemawa adalah sifat-sifat Allah yang terdapat dalam Asmaul Husna. "Sombong itu pakaian-Ku," Kata Allah dalam salah satu hadis qudsi. 
Sepanjang sejarah terciptanya langit dan bumi, makhluk apa pun dan manusia macam apa pun, jika takabur, pasti akan bertabrakan dengan keakbaran atau keagungan Allah. 
Setan terhina, terusir, dan terlaknat sebab sombong (Al Araf: 13 dan 18 dan QS Shaad ;77). Qorun, Firaun, dan Haman dibinasakan karena sombong (Al Ankabut:39). Para raja sejak zaman Parsia, Romawi hingga zaman modern, mereka yang jemawa dan merasa hebat, berakhir dalam keadaan hina. Di akhir hayatnya tidak mendapat kemulyaan dan penghormatan yang layak.
Perbuatan lain yang dibenci Allah adalah Zalim yang artinya aniaya atau lalim. Yang termasuk dalam pengertian ini adalah memfitnah, mencaci maki, menyakiti perasaan, menghinakan, mengintimidasi, merampas hak-hak, mengadu domba, pembunuh, dan lain-lain. Rasulullah saw menggelari orang semacam ini dengan istilah muflis, orang yang bangkrut atau pailit.
Rasulullah saw bersabda, "Tahukan kamu orang yang bangkrut itu?" Para sahabat menjawab,"Orang yang bangkrut adalah orang yang tidak mempunyai dirham, dinar, dan harta benda." Rasulullah saw bersabda," Orang bangkrut dari umatku adalah orang yang nanti pada hari kiamat datang dengan membawa (pahala) salat, zakat, puasa, serta membawa tindakannya memcaci-maki ini, menuduh itu, makan harta ini, menumpahkan darah itu, dan memukul ini. Lantas kebaikannya diambil untuk membayar orang yang dianiaya itu. Apabila amal kebaikannya telah habis padahal penganiayannya itu belum terbayar semuanya, maka dosa-dosa orang yang dianiaya itu diambil dan dibebankan kepadanya, yang akhirnya dia dilemparkan ke neraka." (H.R. Turmudzi).
Ada yang menafsirkan bahwa zalim itu lawan dari adil, yang memiliki arti pandai menempatkan sesuatu pada tempatnya. Zalim kebalikannya yakni tidak bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya. Bila yang benar kemudian dibela dan dibenarkan, ini adil karena memang seharusnya. Tapi, kalau ada yang salah kemudian dibela dan dibenarkan, ini adalah kezaliman, karena bukan pada tempatnya.
Bila terjadi hal seperti ini, maka Allah menurunkan kebinasaan. Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya binasanya orang-orang sebelum kamu karena mereka, bila yang mencuri itu orang bangsawan, tidak diambil tindakan apa-apa, dan apabila yang mencuri itu orang lemah, mereka menjalankan hukuman atasnya. Demi Allah, sekiranya Fatimah putri Muhammad mencuri, tentunya akan kami potong juga tangannya." (H.R.Mutafaq Alaih)
Alquran menerangkan arti zalim dengan banyak makna, misalnya, antara lain surat Al-Araf 23, menyebutkan zalim artinya melanggar larangan Allah. :"Keduanya berkata (berdoa), Ya Tuhan kami, kami telah zalim (menganiaya) diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang merugi." (Q.S. Al-A`raf: 23). 
Adam a.s. mungkin kuat menahan diri tidak melakukan pelanggaran, tetapi tidak bisa tegas menolak semua keinginan istri tercinta. Akhirnya keduanya terusir ke dunia. Mendapat hukuman Allah, ratusan tahun mereka berpisah. Lantunan doa itu terus mereka sampaikan kepada Allah. Akhirnya di Jabal Rahmah (Padang Arafah) mereka dipertemukan Allah. Gambaran buat kita semua, bukankah kita pun sering tidak bisa tegas menolak permintaan istri walaupun itu melanggar hukum?
Menurut surat Hud: 116, zalim artinya orang yang mementingkan kenikmatan belaka. Salah satu sumber malapetaka adalah sikap hedonistik, mementingkan kenikmatan, dan kelezatan material belaka. Orang semacam ini hanya memikirkan kebahagiaan dirinya sendiri, tidak peduli penderitaan orang lain. Ia berdosa besar.
Setiap Idulfitri iblis bersedih, ia panggil anak buahnya, "Hai paduka, siapakah yang membuat tuan marah, kami siap menghancurkan mereka," tanya setan-setan anak buahnya. Iblis menjawab, " Tidak apa-apa. Tapi pada hari ini Allah mengampuni mereka, maka tugasmu adalah supaya menggoda kembali mereka dengan kelezatan, syahwat, minuman yang memabukkan, supaya Allah murka kembali kepada mereka." (Durrotun Nasihin)
Negeri Saba diabadikan Allah menjadi nama surat dalam Alquran, yaitu surat Saba. Saba dalam sejarah, secara geografis terletak disebelah selatan Jazirah Arab. Terjadi pada 1 - 11 SM. Cerita Saba yang indah dan Saba yang hancur, diungkapkan sejak ayat 15-19. Pada Ayat 15, Allah menggambarkan negeri Saba yang indah dan makmur serta ada dalam ampunan Allah. Tapi, karena mereka berpaling Allah menghancurkannya dengan banjir besar (ayat 16). Karena mereka zalim, Allah menghancurkan mereka sehancur-hancurnya (ayat 19).
Dalam pengertian yang lebih luas, apa saja perbuatan yang menjadi penyebab orang lain atau lingkungan madarat, adalah kezaliman (Q.S.Al-Baqarah: 231). Membuang sampah sembarangan, aliran sungai jadi mempet, aliran air selokan tertutup, air meluap, rumah terendam, orang sengsara karena perbuatan sepele kita. Inilah dosa besar. 
Kata Nabi Muhammad saw, "Tak ada dosa kecil, bagi orang yang menganggap dosa itu kecil". Hutan digunduli, kayunya ditebang sembarangan, kita kaya sendirian. Tapi, kemudian hujan datang. Tanah erosi. Bukitnya tidak kuat menahan derasnya air. Jadilah banjir besar. Akibatnya, roda perekonomian terganggu. Orang jadi sengsara. Inilah dosa besar. Inilah kezaliman yang dikutuk Tuhan selama-lamanya. Wallahualam.
Penulis, Ketua Majelis Taklim dan Ketua KBIH Al-Hijaz, Ketua Forum Silaturahmi KBIH Kota Bandung.

No comments:

Post a Comment